PARIKRAMA BULAN BAHASA BALI WARSA KALIH TALI SELIKUR (2021) RING DESA BUNGKULAN

SANG MENTARI 22 Februari 2021 11:35:00 WITA

Pemerintah Desa Bungkulan di tengah pandemi Covid-19 tetap menggelar perayaan Bulan Bahasa Bali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Tahun ini merupakan kali kedua Pemdes Bungkulan menggelar perayaan Bulan Bahasa Bali. Bulan Bahasa Bali untuk tahun ini mengangkat tema “Wana Kerthi: Sabdaning Taru Mahottama”  yang bermakna Bulan Bahasa Bali sebagai Altar Pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali Tertaut Jelajah Pemaknaan Hutan sebagai Prana Kehidupan. Ajang yang digelar selama sehari (Jumat, 19 Pebruari 2021) mengambil tempat di Aula kantor Perbekel Desa Bungkulan.

Ketua Panitia perayaan Bulan Bahasa Bali tahun 2021 yang juga merupakan Penyuluh Bahasa Bali Desa Bungkulan mengatakan Pemerintah Provinsi Bali sudah mengeluarkan instruksi untuk tetap melaksanakan perayaan Bulan Bahasa Bali tahun 2021. Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali tahun ini, tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini dilaksanakan 2 jenis wimbakara (lomba) yakni wimbakara nyurat aksara Bali dan wimbakara mesatua Bali. Lomba tersebut diikuti oleh siswa SD se-Desa Bungkulan.

Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali tahun ini dibuka oleh Sekretaris Desa Bungkulan. “Ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan terkait dengan instruksi Pemprov Bali. Dan saya harap seluruh panitia, peserta, pendamping peserta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan agar jangan sampai cluster Bulan Bahasa Bali menjadi penyebab merebaknya Covid-19 di Desa Bungkulan” kata Pandu selaku Sekdes Bungkulan.

Pada pelaksanaan kali ini, panitia mengundang panureksa (juri) dari penyuluh Bahasa Bali Desa Bebetin, Sekumpul, Jagaraga, Bungkulan, penyuluh Agama Kec. Sawan, dan juga dari PHDI Desa Bungkulan.

Hasil pemenang Lomba langsung diumumkan hari itu juga. Penghargaan bagi juara berupa piala tetap, ATK sekolah, seragam sekolah, piagam, dan meja lipat. Bukan hanya itu, seluruh peserta yang mengikuti lomba nyurat aksara Bali dan mesatua Bali memperoleh uang transport dan buku saku Aksara Bali.

“Dalam perlombaan pasti ada yang menang dan kalah. Yang menang jangan sombong, yang kalah jangan berkecil hati. Mari kita terus melatih diri, mempersiapkan diri untuk perayaan Bulan Bahasa Bali di tahun-tahun berikutnya” tambah Iwan, selaku ketua panitia pelaksanaan Bulan Bahasa Bali tahun 2021 yang sekaligus sebagai penyuluh Bahasa Bali Desa Bungkulan. Tahun ini anggota panitia berasal dari Karang Taruna Satya Wahana Bakti Desa Bungkulan.

Semoga dengan pelaksanaan Bulan Bahasa Bali tahun ini bisa menjadi altar pemuliaan bahasa, aksara dan sastra Bali.

Dokumen Lampiran : pengumuman juara lomba nyurat aksara bali dan mesatua bali Desa Bungkulan tahun 2021


Komentar atas PARIKRAMA BULAN BAHASA BALI WARSA KALIH TALI SELIKUR (2021) RING DESA BUNGKULAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar