Pembentukan Pos Komando Pemberlakuan PPKM Mikro di Desa Bungkulan

SANG MENTARI 23 Februari 2021 10:54:15 WITA

Jumat, 12 Februari 2021 Pemerintah Desa Bungkulan membentuk Pos Komando Penanganan Covid-19 dalam masa PPKM. Pembentuan Posko ini tertuang berdasarkan Surat Edaran Nomor 9 tahun 2021 tentang Ketentuan Pembentukan Pos Komando (Posko) Penanganan Covid-19 dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di tingkat Desa/Kelurahan (PPKM Mikro).

Pendekatan itu diperlukan mengingat beban sistem kesehatan Indonesia dalam penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang semakin tinggi dan membutuhkan pengendalian yang tepat sasaran.

Posko Covid-19 Desa memiliki empat bidang fungsi yaitu pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung.

Bidang pencegahan yang anggotanya terdiri atas Karang Taruna, Tokoh Adat, relawan, PKK, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat melakukan tugasnya yang terdiri atas sosialisasi penerapan 6 M (Memakai masker dengan benar, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Mengurangi bepergian, Meningkatkan imun, dan Mentaati aturan), dan penyemprotan desinfektan di area publik.

Bidang Penanganan yang anggotanya terdiri atas Bidan Desa melakukan tugasnya yang jika ada warga Desa Bungkulan yang terpapar Covid-19, tim penanganan yang berkoordinasi dengan Puskesmas melakukan 3T (Testing, Tracing, Treatment).

Sedangkan Bidang Pembinaan yang anggotanya terdiri atas Karang Taruna, PKK, relawan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Tokoh Agama menjalankan tugasnya dalam menegakkan disiplin dan pemberian sanksi secara humanis, diantarnya pemberian masker gratis kepada warga yang tidak memakai masker saat keluar rumah.

Sementara itu, Bidang Pendukung yang anggotanya terdiri atas Karang Taruna, PKK, Perangkat Desa, dan Tokoh Masyarakat melakukan tugasnya dalam pemberian logistik jika ada warga yang menjalankan isolasi mandiri, pencatatan dan pelaporan.

Keempat bidang tersebut dalam menjalankan tugasnya selalu berkoordinasi dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Puskemas.

"Kami sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menjalankan kebijakan pemerintah terkait pembentukan Posko PPKM Mikro, dan saya pribadi berharap dengan adanya Posko PPKM Mikro ini bisa menekan dan menurunkan laju penyebaran Covid-19 khususnya di Desa Bungkulan" ujar Bapak Kusuma Ardana selaku Perbekel Desa Bungkulan sekaligus sebagai Ketua Tim Pos Komando Tingkat Desa. 

Komentar atas Pembentukan Pos Komando Pemberlakuan PPKM Mikro di Desa Bungkulan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar