AYO RUTIN DATANG KE POSYANDU SETIAP BULANNYA

SANG MENTARI 10 Maret 2021 10:49:10 WITA

Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan pertumbuhan dan mengidentifikasi gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini bisa dilakukan di layanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa yaitu Posyandu.

Hari ini (Rabu, 10/03/2021) telah dilaksanakan kegiatan Posyandu di wilayah Banjar Dinas Pamesan dan Punduh Lo. Seperti kegiatan Posyandu pada umumnya, setiap ibu bersama balita yang datang akan dihadapkan pada 5 meja. Meja I pendaftaran, meja II  penimbangan, meja III  pengisian KMS, meja IV penyuluhan gizi, meja V  pelayanan kesehatan berupa Imunisasi, pengobatan ringan dan konsultasi KB. Petugas pada meja IV dan V dilaksanakan oleh pelayanan medis (bidan desa), sedangkan untuk meja I, II, dan II dilaksanakan oleh kader Posyandu

Perlu diketahui, pengisian KMS harus rutin dilakukan agar kita bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan balita. KMS adalah kartu untuk mencatat dan memantau pekembangan balita dengan melihat garis pertumbuhan berat badan anak dari bulan ke bulan pada KMS dapat diketahui status pertumbuhan anaknya. 

Pelaksanaan Posyandu Desa Bungkulan yang dilaksanakan bidan desa setiap bulannya selalu mendapat perhatian dari ibu-ibu di lingkungan banjar dinas Desa Bungkulan. Itu bisa dilihat dari kedatangan ibu-ibu yang mengajak balitanya selalu mendekati target. Namun masih saja ada ibu-ibu yang jarang bahkan tidak pernah sama sekali mengajak balitanya ke Posyandu yang diselenggarakan Pemerintah Desa. Ini dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya  pengetahuan ibu tentang manfaat Posyandu, motivasi ibu untuk membawa anaknya ke Posyandu, pekerjaan ibu yang selalu berbenturan dengan jadwal Posyandu, dukungan dan motivasi dari kader posyandu dan tokoh masyarakat, dan jarak dari posyandu tersebut.

Terlepas dari berbagai hal yang menghambat ibu datang ke Posyandu, kader posyandu, tokoh masyarakat, perangkat desa, dan bidan desa selalu berusaha mengajak dan mensosialisasikan kepada masyarakat betapa pentingnya memantau pertumbuhan dan perkembangan balita, yang bagaimanapun juga anak-anak kita sekarang adalah calon generasi penerus dimasa depan.

Sudahkah mengajak balita anda ke Posyandu????

Ayo rutin datang ke Posyandu setiap bulannya…

Dokumen Lampiran : Jadwal Posyandu Bulan Maret tahun 2021


Komentar atas AYO RUTIN DATANG KE POSYANDU SETIAP BULANNYA

amabedo 03 September 2021 02:09:13 WITA
Ucimaxuis Otbeyozi bxk.ptfj.bungkulan-buleleng.desa.id.hma.wr http://slkjfdf.net/

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar