Pelatihan Pengisian Form PK21 bagi Kadus & Kader Pendataan Keluarga tahun 2021 Desa Bungkulan

SANG MENTARI 18 Maret 2021 12:50:32 WITA

Pemerintah Desa Bungkulan menggelar pelatihan tata cara pengisian form PK21 bagi kadus dan kader pendataan keluarga tahun 2021. Kegiatan ini diisi Tim Pengelola Data PK21 Kecamatan Sawan dan didampingi oleh Petugas Lapangan Keluarga Berencana Desa Bungkulan. Adapun peserta yang hadir pada pelatihan yang dilaksanakan hari Kamis (18/03/2021) bertempat di Aula Kantor Perbekel Desa Bungkulan adalah Sekretaris Desa, Kepala Dusun, dan Kader Pendataan.

Pendataan Keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Hal ini sesuai dengan Undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga. Peraturan tersebut  mengamanatkan bahwa dalam rangka mendukung penyelenggaraan perkembangan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) diperlukan Data dan Informasi Keluarga yang dikelola dalam sistem informasi keluarga (SIGA).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Bungkulan mengatakan “Sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan masyarakat. Saya harap pendataan tidak hanya diatas meja tapi harus terjun ke lapangan untuk mengetahui secara persis kondisi real masyarakat Desa Bungkulan.

Pendataan Keluarga tahun 2021 serentak akan dimulai pada Bulan April tahun 2021. Pendataan tahun ini akan dilakukan dengan dua cara, sistem pendataan secara langsung dan sistem pendataan secara online melalui aplikasi Smartphone.

Ibu Ari menjelaskan, proses PK akan berlangsung selama 1 bulan penuh sepanjang April 2021. Dengan menggunakan dua metode. Setiap keluarga bakal di catat secara manual dan digital oleh petugas lapangan. Dimana, setiap satu petugas lapangan berkewajiban mendata 150 keluarga di Bungkulan.

“Mohon dukungan dan kerja sama dari masyarkat Bungkulan. Karena PK ini penting sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam pemerintahan kedepan," pungkasnya.

Komentar atas Pelatihan Pengisian Form PK21 bagi Kadus & Kader Pendataan Keluarga tahun 2021 Desa Bungkulan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar