1 OKTOBER – PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

SANG MENTARI 01 Oktober 2021 10:07:05 WITA

Hari kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober dan jatuh pada hari ini (Jumat, 1 Oktober 2021). Peringatan hari kesaktian Pancasila tidak lepas dari G30S yang terjadi pada tanggal 30 September 1965. Sebagaimana diketahui, peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah sebuah pengingat akan jasa pahlawan revolusi yang gugur pada tanggal 30 September 1965.

Sehingga pada tanggal 1 Oktober, masyarakat diimbau untuk mengibarkan bendera satu tiang penuh usai sehari sebelumnya mengibarkan bendera setengah tiang.

Hari Kesaktian Pancasila sendiri telah diperingati sejak 1967 lalu. Kala itu Presiden RI kedua, Soeharto menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. (MapayBandung.com)

Hari kesaktian Pancasila merupakan pengingat bagaimana perjalanan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi Negara. Ada perjuangan panjang yang harus diingat oleh setiap generasi bangsa dan menjadi cerminan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Ideologi Negara yang mengandung nilai-nilai luhur bangsa yang wajib diingat dan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari oleh setiap setiap generasi bangsa.

Komentar atas 1 OKTOBER – PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar