SADARI DAN IVA TEST GRATIS BAGI MASYARAKAT DESA BUNGKULAN

SANG MENTARI 12 April 2022 13:01:45 WITA

Kanker leher Rahim ( Kanker Serviks ) merupakan  kanker tebanyak yang ditemukan oleh Yayasan Kanker Indonesia setelah kanker payudara. Menurut WHO 490.000 perempuan di dunia setiap bulannyanya didiagnosa terkena kanker serviks dan 80 % berada di Negara berkembang termasuk Indonesia. (Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng)

Insiden kanker serviks sebenarnya dapat ditekan dengan melakukan upaya pencegahan primer seperti meningkatkan atau intensifikasi kegiatan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat, menghindari faktor risiko terkena kanker, melakukan immunisasi dengan vaksin HPV dan diikuti dengan deteksi dini kanker serviks tersebut melalui pemeriksaan pap smear atau IVA (inspeksi visual dengan menggunakan asam acetat). (Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng)

Inspeksi Visual Asam Asetat ( IVA ) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker dengan sensitifitas sekitar 66-69 % dan spesifitas sekitar 64-98 %. Sedangkan nilai prediksi positif dan nilai prediksi negative masing-masing antara 10-20 % DAN 92-97 %. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat serta dapat dilaksanakan selain dokter ginekologi.

Tujuan pemeriksaan IVA adalah untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim. (Sumber : Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng)

 Pada hari ini (Selasa 12 April 2022) Puskesmas Sawan 1 mengadakan pemeriksaan IVA dan Sadari (Periksa Payudara Sendiri) gratis bagi masyarakat Desa Bungkulan. Sadari bertujuan untuk mendeteksi dini adanya pertumbuhan  seperti benjolan pada pada payudara yg bersifat abnormal. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Banjar Dinas Badung, dengan dibantu oleh Bidan Desa, KPM, beserta Kader Posyandu karena dilaksanakan berbarengan dengan pelaksanaan Posyandu Banjar Dinas Badung. peserta yang diperiksa adalah wanita pasca menikah, tidak dalam kondisi hamil dan menstruasi. Sebanyak 17 orang wanita pasca menikah hadir pada kegiatan kali ini dan memeriksakan kesehatannya.  

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi wanita pasca menikah yang ada di Desa Bungkulan karena bisa mengetahui secara dini kondisi kesehatan alat reproduksinya. Kami Pemerintah Desa VBungkulan berharap kegiatan ini bisa rutin dilakukan.

Komentar atas SADARI DAN IVA TEST GRATIS BAGI MASYARAKAT DESA BUNGKULAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar