Memperingati Hari Lahir Pancasila – “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”

SANG MENTARI 01 Juni 2022 07:33:50 WITA

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Tanggal 1 Juni juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Dalam Keppres tersebut juga disebutkan bahwa pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.
Apa alasan 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila? Dalam bagian Menimbang huruf c Keppres Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila disebutkan bahwa untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar negara diperkenalkan oleh Ir. Soekarno, Anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945.

Di tahun 2022, peringatan Hari Lahir Pancasila mengangkat tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Sementara logo yang digunakan berupa dua tangan berwarna merah putih yang menggenggam bola dunia. Di bagian atasnya tersemat pita merah putih dan simbol dari kelima sila Pancasila.

Adapun makna dari tema yang diangkat untuk peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 adalah peradaban sebagai tata krama, perilaku, atau sopan santun yang diwujudkan oleh setiap manusia dari waktu ke waktu baik dalam realitas politik, ekonomi, dan sosial.

Akibat dari peradaban yang tingga adalah mejaga keagunan manusia, memberikan kepuasan terhadap fisik, estetika psikis, dan kreativitas manusia. (kumparan.com)

Maka dari itu, peringatan Hari Lahir Pancasila perlu menjadi momentum untuk merefleksikan diri sebagai anak bangsa, apakah sudah mengahayati dan mengimpementasikan sila-sila dalam pancasila dalam kehidupan sebagi anak bangsa.

Komentar atas Memperingati Hari Lahir Pancasila – “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar