Jaga Ekosistem Laut dengan Lepasliarkan Tukik di Pantai Segara Bungkulan

SANG MENTARI 15 Agustus 2022 07:45:29 WITA

Dalam rangka perayaan HUT RI ke 77, Pemerintah Desa Bungkulan bersama dengan Karang Taruna Desa Bungkulan yang turut pula hadir Kelian Desa Adat Bungkulan beserta prajuru, kelian Desa Adat Sari Besikan, Polsek Sawan, Koramil Sawan, Pimpinan BPD dan Anggota, Kelompok Nelayan Desa Bungkulan, Ketua Bumdes Kusuma Asri, Pimpinan LPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Mahasiswa KKN, Perwakilan Guru dan Murid se-SD Bungkulan, serta tokoh masyarakat melepasliarkan 80 ekor tukik di Pantai Desa Bungkulan pada Minggu (14/08/22).

Tukik yang dilepasliarkan tersebut adalah hasil tetasan dari telur penyu yang ditemukan pada bulan Juni 2022 di sekitar wilayah Segara Kubukelod Desa Bungkulan yang kemudian ditangkarkan di Penangkaran Penyu Lestari di Pantai Penimbangan Singaraja. Tukik tersebut dilepaskan di sekitar titik lokasi penyu bertelur, artinya dimana telur itu didapat, agar kelak keturunannya kembali bertelur di lokasi yang sama. Jenis tukik yang dilepasliarkan adalah spesies Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea). 

Melepasliarkan tukik di pantai Desa Bungkulan oleh Pemdes dan Karang Taruna Desa Bungkulan menjadi salah satu langkah konservasi penyu agar populasi di habitatnya dapat terus berkembang. Selain itu sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mengenai perlindungan penyu dan menjaga kelestariannya. Mengingat juga terdapat beberapa Pura di Desa Bungkulan yang pada piodalan tertentu menggunakan Penyu sebagai korban yadnya. Oleh karena itu aksi melepasliarkan tukik di pantai Desa Bungkulan sebagai bukti nyata peran masyarakat yang memiliki komitmen tinggi peduli terhadap kelestarian alam khususnya melindungi populasi penyu.

Melepaskan tukik ke habitatnya juga sejalan dengan makna hari kemerdekaan 17 Agustus 2022, bahwa kemerdekaan ini milik semua mahluk hidup. Tidak terkecuali tukik, ia perlu mendapatkan kemerdekaan ke alam yang luas hingga menjadi penyu, dan terus berkembang. Pemerintah Desa Bungkulan berharap kegiatan ini bisa menginspirasi masyarakat lainnya untuk terus berkontribusi menjaga keseimbangan alam.

Komentar atas Jaga Ekosistem Laut dengan Lepasliarkan Tukik di Pantai Segara Bungkulan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar