Menyambut Rahina Tumpek Wayang Laksanakan Resik Sampah dan PE Jentik

SANG MENTARI 28 April 2023 12:40:18 WITA

Menindaklanjuti intruksi Gubernur Bali Nomor 4 tahun 2023 tanggal 14 April tentang Perayaan Rahina Tumpek Wayang dengan upacara Jagat Kerthi sebagai pelaksanaan Tata-Titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali era baru.

Besamaan dengan menyambut Rahina Tumpek Wayang yang jatuh pada tanggal 29 April 2023 kali ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara Pemerintah Desa dan Puskesmas Sawan 1. Sehubungan dengan meningkatnya kasus demam berdarah pada musim pancaroba, Pemerintah Desa Bungkulan, Bhabinkamtibmas dan Puskesmas Sawan 1 lakukan Resik sampah dibarengi dengan PE Jentik Secara DDS (door to door system) Ke Rumah Warganya.

Terjadinya peningkatan Kasus Demam Berdarah secara signifikan di wilayah Desa Bungkulan. Pada hari Jumat tanggal 28 April 2023 pukul 08.00 wita bertempat di Banjar Dinas Kubu kelod. Dilakukan Sosialisasi tentang pencegahan Epidemiologi Nyamuk pembawa penyakit demam berdarah kepada warga Banjar Dinas Kubu Kelod. Selanjutnya dilakukan gotong royong di lingkungan sekitar. Adanya temuan 9 kasus Demam berdarah di Banjar ini, yang angkanya cukup tinggi membuat Pemdes Bungkulan dan Puskesmas Saran 1 lakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) Jentik secara Door to Door System ke rumah-rumah warga.

Kamar mandi, botol plastik bekas dan tempat penampungan air menjadi sasaran penyelidikan. Ada beberapa yang ditemukan terdapat jentik, sehingga langsung di minta untuk di kuras dan di bersihkan. Selain PE jentik, di banjar ini telah dilakukan foging, namun yang paling penting ialah membangun kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga tidak ada tempat bagi nyamuk bertelur dan berkembang biak, guna memutus rantai epidemiologi Nyamuk Demam berdarah.

Komentar atas Menyambut Rahina Tumpek Wayang Laksanakan Resik Sampah dan PE Jentik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar