Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Bulan Februari

SANG MENTARI 24 Februari 2021 11:59:26 WITA

Berkenaan dengan telah ditetapkannya Peraturan Perbekel Bungkulan Nomor 5 tahun 2021 tentang Penetapan Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa, hari ini (Rabu, 24/02/2021) telah dilaksanakan penyaluran BLT-DD kepada 180 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mengambil tempat di GOR Desa Bungkulan. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 Wita sampai selesai.

Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40/PMK.07/2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, yang didalamnya tertuang mengenai penyaluran BLT-DD.

Dalam PMK 40/2020, BLT-DD adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di Desa yang bersumber dari Dana Desa untuk mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Besaran dana yang diberikan adalah Rp300.000,00 tiap bulannya selama 12 bulan bagi 180 KPM yang telah ditetapkan dan sudah memenuhi kriteria. Adapun kriteria penerima BLT-DD tahun 2021 adalah sebagai berikut.

  1. Calon penerima BLT-Dana Desa adalah keluarga miskin baik yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun yang tidak terdata (exclusion error).
  2. Tidak mendapat bantuan PKH/BPNT/Prakerja.
  3. Mengalami kehilangan mata pencaharian
  4. Tidak memiliki cadangan ekonomi yang cukup untuk bertahan hidup selama tiga bulan ke depan.
  5. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis;
  6. Keluarga miskin yang dikepalai oleh perempuan, lansia, atau penyandang disabilitas

Penyaluran BLT-DD yang berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Beberapa langkah yang diambil agar prokes berjalan yakni;

  1. Para Penerima Manfaat agar hadir tepat pada waktunya, serta pada saat hadir harus menggunakan masker dengan benar
  2. Para Kelian Banjar Dinas untuk bisa mengatur kehadiran Warga Penerima Manfaat, agar selalu menjaga jarak dan tidak terjadi kerumunan pada saat pencairan
  3. Menyediakan Hand Sanitizer

Untuk tanggal penyaluran BLT-DD bulan-bulan berikutnya akan diinformasikan oleh Pemerintah Desa melalui Kelian Banjar Dinas.

Komentar atas Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Bulan Februari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar