Hari Ini dalam Sejarah Indonesia – Peringatan G30S/PKI

SANG MENTARI 30 September 2021 09:32:35 WITA

56 tahun lalu tepatnya pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965, terjadi peristiwa yang dikenal dengan nama Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI). Pemberontakan ini terjadi di wilayah Jakarta dan Yogyakarta.  Ketika enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta. (detiknews.com)

Adapun nama-nama korban adalah sebagai berikut:

  1. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani
  2. Mayor Jenderal Raden Soeprapto
  3. Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono
  4. Mayor Jenderal Siswondo Parman
  5. Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan
  6. Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo
  7. Lettu Pierre Andreas Tendean

Ketujuh korban itu kemudian dianugerahi gelar Pahlawan Revolusi. Mereka dibunuh lalu dimasukkan ke dalam sumur Lubang Buaya di Jakarta Timur.

Kejadian tersebut patut diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 30 September. Adapun dalang di balik sejarah hitam tersebut diduga Partai Komunis Indonesia (PKI).

Terlepas seperti apa fakta sejarah terkait tragedi G30S/PKI, yang pasti kejadian tersebut telah mencederai kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia, bangsa yang memiliki pandangan hidup kaya akan nilai-nilai tuntunan hidup untuk damai dan harmonis satu sama lain yaitu Pancasila, dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika, dimana walaupun kita bangsa Indonesia berbeda-beda satu sama lain, baik beda agama, beda suka dan terdiri atas berbagai golongan, tapi kita tetap satu jua. (kompasiana.com).

Adanya sejarah kelam tersebut, bisa kita ambil makna bahwa kita sebagi putra-putri bangsa Indonesia sebagai penerus keberlangsungan bangsa harus menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia agar tidak ada lagi kelompok-kelompok pemberontak yang ingin memporak-porandakan Bangsa Indonesia yang kita cintai.

Pancasila sebagai dasar Negara mempunyai fungsi penting dalam kesatuan persatuan Bangsa. Tidak cukup hanya orasi, namun juga dedikasi dan integritas bangsa juga dibutuhkan. Nilai-nilai Pancasila harus kita yakini dan menjadi landasan berkehidupan sehari-hari agar kita hidup selalu dalam Lindungan Allah/ Tuhan Yang Maha Esa, dan dapat mewujudkan kesejahteraan serta kedamaian.

” Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Terima kasih jasamu wahai para pejuang G30S/PKI “

Komentar atas Hari Ini dalam Sejarah Indonesia – Peringatan G30S/PKI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar