Perayaan Tumpek Landep – Pujawali Sang Hyang Pasupati

SANG MENTARI 11 April 2022 09:08:13 WITA

Sesuai dengan Instruksi Gubernur Bali Nomor 05 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Landep dengan Upacara Jana Kerthi sebagai Pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Bali, Pemerintah Desa Bungkulan menggelar persembahyangan Bersama di Kantor Perbekel Bungkulan bersama Perangkat Desa dan staf (09-04-2022).

Tumpek Landep yang jatuh pada setiap Sabtu kliwon Landep (kalender Bali)  adalah pujawalin Ida Bhatara Ḉiwa dan yoganya Sang Hyang Pasupati ( kunang ring wara Landel, Saniscara kliwon pujawali bhatara çiwa, mwah yogan ira Sang Hyang Pasupati ) ( Çundarigama, 14) ). Pada saat itu kita (umat Hindu) wajib melaksanakan pemujaan kehadapanNya disertai dengan upakara seperlunya.

Upacara dan upakara Tumpek Landep secara khusus ditujukan kehadapan Sang Hyang Pasupati dengan mengupacarakan sarwa sanjata (lelandep) supaya memiliki tuah (berdaya guna dan berhasil guna). Namun secara khusus juga hari raya Tumpek Landep bertujuan untuk menajamkan pikiran kita (kalingania ring wwang, denia pasupati landeping idep, samaknanta lekasakena kang japa mantra) ( Çundarigama, 14). Yaitu : dalam hubungannya dengan manusia bertujuan untuk menajamkan  pikiran dengan puja mantra sakti pasupati.  Dengan kejernihan, ketajaman dan kesucian pikiran kita dapat meningkatkan kualitas kemanusiaan kita (dari manawa menuju mandawa) yaitu dari manusia biasa menuju manusia dengan ‘sifat-sifat dewani’. (Kemenag.go.id)

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa hari raya Tumpek Landep adalah hari raya mengandung arti permohonan, ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Sang Pencipta yang telah memberikan kemudahan, rahmat dan ketajaman pikiran, di hari ini juga manusia dan umat Hindu khususnya di Bali diajarkan agar dapat mempergunakan dan memanfaatkan benda yang terbuat dari logam untuk kesejahteraan dan kemakmuran dalam menjalankan kehidupan. (Balipuspanews.com)

Komentar atas Perayaan Tumpek Landep – Pujawali Sang Hyang Pasupati

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar