PROGRAM TERNAK BABI SEBAGAI WUJUD IMPLEMENTASI KETAHANAN PANGAN DI DESA BUNGKULAN

SANG MENTARI 25 April 2022 12:40:58 WITA

Pada tahun 2022 ini, pemerintah Desa Bungkulan menerbitkan kebijakan terkait pemanfaatan 20% dana desa untuk program ketahanan pangan dan hewani. Hal ini bahkan diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2022. Kebijakan yang dimaksud adalah Ternak Babi yang dipelihara oleh kelompok-kelompok ternak yang ada di masing-masing Banjar Dinas.

Sejumlah 6 kelompok beranggotakan masing-masing 5 orang, sehinggal total jumlah warga yang tergabung dalam kelompok ternak sejumlah 30 orang. Masing-masing orang menerima 1 ekor bibit babi berusia 4 bulan.

Perbekel Desa Bungkulan beserta Perangkat Desa lainnya telah melakukan pertemuan awal dengan ketua kelompok (Sabtu, 23 April 2022). Hasil perjanjian yang didapat adalah jika nantinya babi tersebut beranak, maka 1 ekor anak babi yang telah disapih diserahkan dengan sukarela ke Pemerintah Desa selama 2 tahun yang nantinya akan diberikan kepada warga lainnya yang membutuhkan bibit ternak babi.

Sebagai komitmen awal, Pemerintah Desa memberikan pakan ternak babi sebanyak 1 kali sebagai modal awal memelihara ternak babi.

Ternak Babi dipilih sebagai program ketahanan pangan karena mengingat sebagian besar Upacara Yadnya membutuhkan babi sebagai sarana Upacara. Selain itu pemeliharaan ternak babi sangat membantu menstabilkan ekonomi masyarakat, terutama saat-saat keperluan dana mendadak dalam jumlah yang cukup banyak. Ternak babi menjadi cadangan dana pengaman dalam sistem keuangan keluarga.

Komentar atas PROGRAM TERNAK BABI SEBAGAI WUJUD IMPLEMENTASI KETAHANAN PANGAN DI DESA BUNGKULAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar