ESENSI HARDIKNAS, LANJUTKAN PERJUANGAN PAHLAWAN PELOPOR PENDIDIKAN

SANG MENTARI 02 Mei 2022 08:09:49 WITA

2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) setiap tahunnya. Keberadaan Hardiknas tidak terlepas dari kelahiran tokoh pelopor Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Berbagai gagasan cemerlang membuat namanya dikenang sepanjang masa oleh bangsa ini. Ia lahir pada 2 Mei 1889, dan tanggal itu pula diabadikan sebagai hari pendidikan nasional. (Kemdikbud.go.id)

Pada masa penjajahan Kolonial Belanda di Indonesia, terdapat kenyataan bahwa hanya mereka keturunan Belanda dan orang-orang kaya saja yang bisa memperoleh pendidikan, sedangkan rakyat pribumi sengaja dibiarkan buta huruf dan tidak bisa mengenal pendidikan. Entah seperti apa jadinya bangsa ini jika tidak ada sosok-sosok Pelopor Pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara.

Salah satu gagasan beliau adalah Tri Sentra Pendidikan (Tiga Pusat Pendidikan), yang menerangkan bahwa pendidikan berlangsung di tiga lingkungan yaitu, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiganya memiliki peran di dalam proses pendidikan, serta saling mengisi dan memerkuat satu dengan yang lainnya. Tanggung jawab pendidikan tidak hanya pada pemerintah semata, namun termasuk juga keluarga dan masyarakat.

Dalam hal ini, peran orang tua juga sangat besar pengaruhnya terhadap dunia Pendidikan. Mereka diharapkan bisa memberikan teladan yang baik tentang norma-norma dan pendidikan dasar.

Sebagai insan pendidikan dan kaum pelajar, esensi Hardiknas harus dipahami. Kemudahan dalam menempuh jenjang Pendidikan untuk mendapatkan ilmu yang setinggi-tingginya harus benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh generasi muda.

Maka dari itu, alangkah baiknya kita bisa memaknai Hari Pendidikan Nasional dengan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang. Salah satunya memanfaatkan kesempatan belajar yang telah diberikan semaksimal mungkin.

Semoga kita terus bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dengan ikut berkontribusi dalam mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.

Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Komentar atas ESENSI HARDIKNAS, LANJUTKAN PERJUANGAN PAHLAWAN PELOPOR PENDIDIKAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar