KEGIATAN PENYELIDIKAN EPIDEMIOLOGI (PE) KASUS DEMAM BERDARAH OLEH PETUGAS NAKES PUSKESMAS SAWAN 1

SANG MENTARI 30 Juni 2022 11:54:34 WITA

Kamis, 30 Juni 2022 Petugas Kesehatan dari Puskesmas Sawan 1 mengadakan PE (Penyelidikan Epidemiologi) DBD di lingkungan Banjar Dinas Badung Desa Bungkulan. Kegiatan PE DBD ini bertujuan untuk mengetahui potensi penularan dan penyebaran DBD lebih lanjut serta tindakan penanggulangan yang perlu dilakukan di wilayah sekitar tempat tinggal penderita.

Kegiatan ini dilakukan karena terdapat laporan dari Rumah Sakit bahwa terdapat warga yang terkena demam berdarah di lingkungan Banjar Dinas Badung. Petugas kesehatan yang didampingi Bidan Desa dan Kelian Banjar Dinas Badung dengan seijin kepala rumah tangga langsung memeriksa penampungan air serta lingkungan sekitar rumah korban juga penampungan air dan lingkungan rumah tetangga sekitar.

Hasilnya dari 6 KK yang diperiksa ditemukan 1 penampungan air yang positif adanya perkembangbiakan nyamuk atau terdapat jentik nyamuk.

Petugas kesehatan bersama bidan desa dan Kelian Banjar Dinas Badung langsung memberikan pemahaman mengenai pentingnya melaksanakan program 3M untuk mencegah perkembangan pertumbuhan nyamuk demam berdarah. Program tersebut meliputi :

  1. Menguras. Hal ini dilakukan dengan membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
  1. Menutup. Langkah ini dilakukan dengan menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sejenisnya.
  1. Mengubur. Mengubur atau memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Dan kegiatan tambahan lainnya seperti menaburkan bubuk larvasida pada penampungan air yang sulit dibersihkan, dan menanam tanaman pengusir nyamuk seperti bunga lavender, daun sereh, basil, catnip. thyme, peppermint, cengkeh dah sejenisnya. 



Komentar atas KEGIATAN PENYELIDIKAN EPIDEMIOLOGI (PE) KASUS DEMAM BERDARAH OLEH PETUGAS NAKES PUSKESMAS SAWAN 1

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar