PEREKAMAN KTP-el DI KANTOR DESA BUNGKULAN

SANG MENTARI 05 Juli 2022 13:35:59 WITA

Selasa, 5 Juli 2022 staf dan operator dari Camat Sawan datang ke Desa Bungkulan untuk melaksanakan perekaman KTP-el bagi lansia, disabilitas ataupun warga yang belum sama sekali pernah melakukan perekaman KTP-el. Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kartu ini wajib dimiliki bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin. Anak dari orang tua Warga Negara Asing yang memiliki ITAP dan sudah berumur 17 tahun juga wajib memilki KTP.

Berdasarkan Pasal 58 ayat (4) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, Pemanfaatan data kependudukan oleh lembaga negara, kementerian/lembaga pemerintah non kementerian atau badan hukum Indonesia adalah data kependudukan yang sudah dikonsolidasikan dan dibersihkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Warga cukup hanya membawa Kartu Keluarga kemudian langsung datang ke Aula Kantor Desa Bungkulan yang selanjutnya diarahkan untuk melakukan perekaman. Selain kemudahan persyaratan, dengan memiliki KTP-el keuntungan yang didapat makin banyak dan akses yang semakin luas. Selain sebagai dentitas jati diri, KTP-el juga berlaku nasional karena KTP el digunakan untuk pengurusan izin, pembuatan Paspor, identitas saat naik pesawat, pembukaan rekening Bank, mencairkan dana bantuan pemerintah, dan sebagainya. Juga untuk mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP sehingga terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan.

Program perekaman KTP-el datang ke desa ini cukup mendapat perhatian dari masyarakat, terbukti jumlah masyarakat yang berhasil direkam datanya sebanyak 37 orang. Nantinya kepingan KTP-el akan diserahkan ke Kantor Desa Bungkulan.

Komentar atas PEREKAMAN KTP-el DI KANTOR DESA BUNGKULAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar