PEMBAHASAN RANPERDES KEWENANGAN DESA BERDASARKAN HAK ASAL-USUL DAN KEWENANGAN LOKAL BERSKALA DESA

SANG MENTARI 13 Juli 2022 10:48:44 WITA

Selasa, 12 Juli 2022 BPD Bungkulan mengadakan rapat mengenai pembahasan Rancangan Peraturan Desa (Ranperdes) tentang Kewenangan Desa Berdasarkan Hak Asal-Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Desa. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Perbekel Desa Bungkulan, Kelian Desa Adat Bungkulan beserta prajuru, Kelian Desa Adat Sari Besikan beserta prajuru, Perangkat Desa Bungkulan beserta staf, Bidan Desa, KPM, Ketua Karang Taruna, dan tokoh masyarakat.

Pertemuan yang dimulai pada pukul 18.00 wita dibuka oleh Sekretaris BPD yang memaparkan maksud dari pertemuan kali ini, yakni untuk mendiskusikan mengenai Rancangan Peraturan Desa sehingga dihasilkan kesepakatan  kewenangan desa  mengenai hak asal-usul dan kewenangan local berskala desa. Sekretaris Desa juga menambahkan mengenai Ranperdes yang telah diselesaikan sudah mengacu pada peraturan Kemendagri.

Perbekel dalam sambutannya mengatakan Perdes ini penting untuk pembangunan Desa kedepannya. Tujuan kewenangan ini secara umum agar Pemerintah Desa mempunyai dasar hukum yang jelas dan aman atau tidak tumpang tindih dalam memberikan bantuan kepada Desa Adat. Dimohonkan saran atau masukan mengenai permasalahan yang ada. Sehingga nantinya Ranperdes ini bisa disempurnakan lalu ditetapkan menjadi Perdes dan bisa disosialisasikan.

Kelian Desa Adat Bungkulan beserta prajuru dan Kelian Desa Adat Sari Besikan beserta prajuru mengatakan sepakat dan setuju mengenai Ranperdes yang telah dibuat. “Dengan adanya Perdes ini tentunya bisa meringankan kegiatan kami di Adat. Dan tentunya kami selalu ingin bekerjasama dengan Desa Dinas” tegas Kelian Adat Bungkulan.

Komentar atas PEMBAHASAN RANPERDES KEWENANGAN DESA BERDASARKAN HAK ASAL-USUL DAN KEWENANGAN LOKAL BERSKALA DESA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar