PERAYAAN TUMPEK WARIGA SECARA SEKALA DAN NISKALA

SANG MENTARI 10 Desember 2022 09:22:48 WITA

Perayaan tumpek wariga dilakukan setiap Saniscara Kliwon wuku Wariga. Tumpek Wariga sering disebut tumpek pengatag, tumpek pengarah, atau tumpek bubuh. 

Menindaklanjuti Intruksi Gubernur Bali Nomor 13 tahun 2022 tanggal 24 Nopember 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Wariga, Pemerintah Desa Bungkulan merayakannya secara sekala dan niskala.

Kegiatan sekala yang dilakukan meliputi menata taman di Tugu Pahlawan Cura Dhira Wahana yang berlokasi di Banjar Dinas Pamesan. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 9 Desember 2022 tersebut dihadiri oleh Perbekel, Perangkat Desa, Staf, anggota BPD, Bidan Desa dan KPM, dan Bhabinkamtibmas. Penanaman tanaman hias tidak berhenti sampai disana, kegiatan tersebut dilanjutkan di Pura Segara Bungkulan. Sejumlah tanaman hias ditanam di halaman Pura Segara Bungkulan, meliputi tanaman soka, cempaka, kenanga, kelapa, dan pucuk merah.

Pada momen ini juga, pada hari Sabtu 10 Desember 2022 bertepatan dengan Rahina Tumpek Wariga, Desa Adat Bungkulan dan Desa Adat Sari Besikan menyelenggarakan acara persembahyangan bersama di Parhyangan masing-masing.

Esensi dari perayaan Tumpek Wariga adalah ungkapan rasa syukur kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa, atas berkah dan rahmatnya telah melimpahkan kesuburan alam semesta, sehingga semua tumbuhan dapat hidup dengan subur, berbunga dan berbuah yang berguna bagi manusia. Selain itu juga memberikan edukasi kepada umatNya bahwa sudah menjadi kewajiban kita untuk bersahabat dengan alam dengan cara menjaga dan melestarikan serta tidak mengeksploitasi alam secara berlebihan.

Komentar atas PERAYAAN TUMPEK WARIGA SECARA SEKALA DAN NISKALA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar