Hari Tumpek Krulut Hari Kasih Sayang Umat Hindu

SANG MENTARI 20 Februari 2023 11:08:15 WITA

Perayaan Tumpek Krulut dirayakan oleh umat Hindu sebagai hari cinta kasih antar sesama manusia yang kebetulan pada tahun ini, jatuh pada Sabtu, 18 Februari 2023. Tumpek Krulut merupakan hari suci umat Hindu untuk memuliakan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi sebagai Dewa Iswara atau Kawiswara. Hari Tumpek Krulut jatuh pada hari Sabtu kliwon, wuku Krulut, yaitu setiap 6 bulan atau 210 hari kalender.

Sesuai Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2022 tentang Tata-Titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali era baru. Sebagai implementasi dari surat edaran tersebut, Gubernur Bali I Wayan Koster kemudian menerbitkan intruksi Gubernur Nomor 08 Tahun 2023 tentang perayaan rahina Tumpek Krulut, dengan pelaksanaan Jana Kerthi.

Dalam Perayaan hari Tumpek Krulut ini diharapkan seluruh masyarakat Bali pada umumnya, untuk ikut merayakan upacara kasih sayang tersebut guna terwujudnya jalinan hubungan harmonis antar sesama manusia.

Perbekel, Pimpinan serta anggota BPD, Kelian Desa Adat Bungkulan dan Desa Adat Sari Besikan dan Perangkat Desa Bungkulan melaksanakan persembahyangan bersama, serta dalam hari kasih sayang kali ini mengadakan kegiatan pembagian sembako kepada lansia sebanyak 31 paket sebagai simbol cinta kasih antar sesama manusia. Pembagian sembako bertempat di Pura Desa Bungkulan dan langsung mengunjungi rumah masyarakat yang dilakukan oleh para Kepala Dusun kepada masing-masing warganya.

Komentar atas Hari Tumpek Krulut Hari Kasih Sayang Umat Hindu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Bungkulan

tampilkan dalam peta lebih besar